Beratnya Jadi Kapten Tim Menurut Wayne Rooney

Category: Berita Bola 2 0

Legenda Manchester United dan Tim Nasional Inggris, Wayne Rooney baru-baru ini mengungkapkan tugas berat seorang Kapten Tim yang mungkin jarang diketahui publik.

Menjadi kapten sebuah tim sepakbola memang tampak menggiurkan, dan biasanya mereka yang diberikan kesempatan ini adalah pemain senior atau yang paling lama mengabdi di klub.

Wayne Rooney sendiri sempat menjabat sebagai kapten di tahun-tahun terakhirnya bersama Manchester United juga Tim Nasional Inggris. Dia juga sempat mendapatkan kepercayaan serupa saat berkostum Everton, DC United dan terakhir Derby County.

Dengan kata lain, Rooney tahu persis bagaimana rasanya menjadi seorang pemimpin di atas lapangan. Meski kesempatan itu luar biasa bagi pemain, eks pemain Everton ini tak merasa itu sebagai tugas yang mudah.

Ada beberapa hal yang membuat Rooney sampai keberatan menanggung tugasnys sebagai kapten Tim utama. Terutama ketika dia diminta oleh para pemain lain untuk berbicara kepada pelatih tentang sesi latihan yang kurang bagus.

“Ketika para pemain tidak senang, mereka sering mendatangi kapten dan pada akhirnya Andalah yang harus jadi perwakilan menyampaikan komplain. Hal ini bisa berakhir pada pembicaraan sulit,”

“Di salah satu klub, saya diminta bicara pada pelatih bahwa sesi latihannya tidak cukup baik. Itu bukan tugas mudah: ‘Maaf, pelatih. Para pemain merasa latihan Anda seperti sampah’. Tugas itu bisa jadi terlalu besar. “ ungkap Rooney kepada The Times.

Sepanjang karirnya sebagai pemain sepakbola, sosok yang kini bekerja sebagai pelatih tersebut pernah menjadi kapten di level klub dan level Internasional. Bagi Rooney, tugas menjadi kapten di Tim Nasional Inggris jauh lebih berat.

“Menjadi kapten untuk negara Anda merupakan privilese tapi tantangan yang jauh berbeda dari jadi kapten klub. Anda tidak bersama rekan-rekan setiap hari, komitmen di luar lapangan pun sangat besar,”

“Anda punya tanggung jawab untuk menyambut pemain-pemain baru dan membantu mereka menyesuaikan diri dengan skuad. Saya selalu berusaha hadir di ruangan bermain dan area minum kopi setiap hari.” Tandasnya.

Tentu saja sekarang Rooney tidak lagi memikirkan tugas berat menjadi seorang kapten, karena yang bersangkutan kini bekerja sebagai pelatih.

Related Articles

Add Comment