Bundesliga Jerman Bisa Bergulir Lagi Bulan Mei

Category: Berita Bola 2 0

Beberapa waktu lalu, Serie A Italia membawa kabar gembira, karena besar kemungkinan kompetisi akan bergulir lagi pada bulan Mei. Nah, kabar baik serupa disusul oleh Bundesliga Jerman, dengan wacana menggulirkan kompetisi kembali pada bulan yang sama, bahkan bisa lebih cepat.

Pandemi Virus Corona memang telah membuat semua kompetisi sepakbola Eropa terhenti sementara waktu. Tak terkecuali Bundesliga Jerman, yang sudah ditangguhkan sejak pertengahan bulan Maret 2020 kemarin.

Tentu saja, keputusan tersebut bertujuan untuk menekan angka penyebaran penyakit yang sudah memakan banyak korban jiwa itu. Memutus mata rantai penyebaran Virus yang semakin mencemaskan masyarakat Dunia.

Bundesliga Jerman sendiri sebelumnya tak berencana untuk menangguhkan kompetisi. Mereka diyakini sempat berwacana untuk tetap menggulirkan Liga hanya saja tanpa kehadiran penonton. Namun pada akhirnya, pihak penyelenggara tetap harus menundanya.

Setelah sempat tak jelas kapan Liga akan bergulir lagi, baru-baru ini muncul optimisme dari berbagai kalangan bahwa kompetisi akan kembali bergulir dalam waktu dekat. Bahkan Bundesliga diyakini bisa berjalan lagi mulai tanggal 9 Mei mendatang.

Optimisme tersebut dituturkan sendiri oleh perdana menteri Jerman, Markus Soder. Ia berkata bahwa Bundesliga bisa kembali digelar lebih cepat dari perkiraan, dengan syarat ada protokol khusus yang harus disiapkan.

Termasuk salah satu protokolnya adalah dengan menggelar pertandingan tanpa kehadiran penonton.

“Ini langkah yang beresiko. Kami harus berhati-hati untuk tidak melakukannya secara berlebihan atau sembrono. Pertandingan dengan keramaian di stadion sudah pasti mustahil,”

“‘Laga berhantu’ juga beresiko. Bisa dibayangkan bahwa kami mungkin mampu memainkan beberapa ‘laga berhantu’ paling cepat tanggal 9 Mei. Akhir pekan dengan sepak bola lebih bisa dijalani ketimbang akhir pekan tanpa sepak bola,” ujarnya kepada Bild.

Hal yang senada juga dituturkan oleh Presiden DFB (Federasi sepakbola Jerman) Christian Seifert. Hanya saja dia tidak ingin masyarakat melupakan pandemik ini jika liga kembali digulirkan.

“Ini adalah kiriman sinyal yang positif. Ini membuat kedua liga mendapatkan perspektif yang penting. Politik percaya pada kami, dan kami secara khusus harus menjadi panutan sekarang. Ada banyak hal yang harus dilakukan soal aturan kebersihan dan contoh mengatasi kontak sosial,” katanya.

Related Articles

Add Comment