Ingin Seperti City, Arsenal Masih Butuh Waktu

Category: Berita Bola 5 0

Kedatangan Mikel Arteta di kursi manajer Arsenal diyakini bertujuan untuk mengubah gaya bermain The Gunners. Fakta bahwa Arteta adalah mantan Assisten Pep Guardiola, Arsenal pun diharapkan bisa bermain seperti Manchester City. Sejauh ini tampak ada perubahan, namun dianggap masih butuh waktu untuk menerapkan semuanya.

Sebagaimana diketahui, Arsenal memang telah menunjuk Mikel Arteta untuk menjadi manajer anyar mereka menggantikan Unai Emery pada awal Desember lalu. Meski baru mulai bekerja, secercah harapan perkembangan Arsenal mulai terlihat. Arteta bisa memperbaiki permainan skuad Arsenal, setidaknya dari segi mental para pemain.

Tak ayal, beberapa komentar positif mulai menyambangi The Gunners arahan Arteta, salah satunya datang dari Stewart Robson, Analisis Sepakbola Inggris. Menurutnya, pria asal Spanyol tersebut bakal menerapkan gaya bermain yang mirip di Arsenal. Robson yakin tanda-tanda perkembangan itu mulai terlihat, hanya saja saat ini memang belum maksimal.

“Arsenal yang lama menutup arah bola, mereka menghentikan permainan lawan dan bermain di luar wilayah pertahanan sendiri. Arsenal yang ini tidak melakukan itu. Mereka tidak membuat lawan kesulitan keluar dari wilayah bermainnya. Inilah yang dilakukan Pep Guardiola di Man City dan saya kira itulah yang akan dibawa Mikel Arteta untuk Arsenal,” ungkap Robson kepada Express.

Meski begitu, Mikel Arteta menurutnya masih membutuhkan waktu untuk sepenuhnya menerapkan gaya bermain yang dia inginkan. Apalagi saat ini skuat yang ada juga tidak terlalu mendukung keinginan sang manajer.

Namun Robson sadar bahwa Arteta akan mencoba untuk meningkatkan mental para pemainnya terlebih dahulu dengan tujuan agar performa tim lebih konsisten dari pekan ke pekan.

“Sekarang ini, dia harus menemukan konsistensi dari pekan ke pekan. Ada beberapa pertandingan di mana Arsenal benar-benar tidak berdaya. Hal ini bisa terlihat dari pertandingan babak kedua melawan Chelsea kemarin, saat itu Arsenal luar biasa selama 20 menit. Lalu mereka kembali ke cangkang di belakang, bertahan terlalu dalam, dan Chelsea bisa kembali ke permainan,” tutupnya.

Arsenal sendiri saat ini berada di peringkat ke-10 pada klasemen sementara Premier League, dengan hanya mengantongi 30 poin dari 24 pertandingan yang telah berlangsung.

Related Articles

Add Comment