Jurgen Klopp Ceritakan Pengalamannya Saat Jadi Pemain

Category: Berita Bola 2 0

Pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp memang sudah diakui sebagai salah satu pelatih terbaik Eropa melihat hasil kinerjanya di Dortmund dan Liverpool. Tapi, bagaimana kinerjanya dulu saat masih aktif bermain ?

Pada kampanye musim 2019/20 kemarin, Liverpool berhasil keluar sebagai juara Liga Champions Eropa. Gelar tersebut tak terlepas dari kinerja apik manajer mereka Jurgen Klopp.

Sebelumnya, sang manajer juga sempat sukses bersama dengan Borussia Dortmund, dua kali memenangkan Bundesliga dan sekali mencapai final Liga Champions Eropa. Dengan kata lain, Kiprahnya sebagai pelatih tak perlu diragukan lagi.

Tapi, bagaimana soal karirnya saat masih aktif bermain ? Sebagai informasi, Klopp menghabiskan waktunya sebagai pemain untuk memperkuat lima tim yang berbeda. Namun Mainz punya cerita yang berbeda.

Klub tersebut dibelanya sejak tahun 1990, menjadi klub terakhirnya sebagai pemain sepakbola sebelum kemudian memutuskan gantung sepatu di tahun 2001. Selama periode tersebut, dia mencatat 325 penampilan dalam ajang Bundesliga serta 32 gol.

Pada tahun 2001, Klopp akhirnya memutuskan gantung sepatu dan memulai karir kepelatihannya di klub itu juga.

Masa baktinya di Mainz yang terbilang cukup lama, 11 tahun, tentu saja predikat sebagai legenda klub layak disanding klopp. Namun, pria berdarah Jerman ini menganggap dirinya sebagai pemain biasa saja saat masih aktif bermain dulu.

“Saya adalah pemain yang sangat biasa. Tentu saja, saya tidak begitu bagus. Tapi saya masih bermain setiap waktu dalam tim saya dan tentu untuk alasan yang berbeda, setiap pelatih, setiap manajer berpikir bahwa saya bagian penting bagi tim,” ujarnya saat berbincang dengan dalam In The Duffle Bag Podcast.

Namun begitu, Klopp mengaku sudah menjadi sosok yang senang memberikan saran kepada pelatih, memperhatikan pertandingan, sejak masih aktif bermain.

“Saya adalah motor dari tim. Jika sesuatu berjalan dengan tidak benar, saya berkata kepada mereka. Dan bila memungkinkan, saya memberitahu mereka apa yang kami bisa lakukan lebih baik atau apa yang kami harus lakukan lebih. Saya punya peran seperti itu bahkan sejak masih bermain,” pungkasnya.

Related Articles

Add Comment