Kabar Baik, Liga Champions Musim ini Bisa Dihadiri Penonton

Category: Berita Bola 2 0

Pandemi Virus Corona membuat sepakbola harus kehilangan salah satu aspek penting mereka, Penonton. Termasuk di Eropa, dimana penonton dilarang hadir di stadion untuk menyaksikan pertandingan. Hal ini dilakukan demi menekan angka penyebaran Virus Covid-19.

Sejumlah negara sudah berhasil menekan angka penyebaran lewat cara karantina wilayah. Hanya saja, dampak yang dihadirkan dari kebijakan tersebut cukup besar, termasuk dalam sepakbola yang sempat terhenti sementara waktu.

Kompetisi Liga Champions Eropa bisa dikatakan sebagai salah satu kompetisi yang turut merasakan dampak dari kebijakan tersebut. Sejak maret, kompetisi terpaksa ditunda oleh UEFA.

Tapi untung saja, sejak Agustus, kompetisi kembali berlanjut sampai akhir, meski syaratnya tanpa ada penonton yang boleh menyaksikan sisa kompetisi.

Sekarang, bisa dikatakan situasinya sudah sedikit lebih terkontrol, meski angka kasus virus corona masih mencemaskan. Beberapa liga di Eropa seperti Serie A Italia sudah mulai membolehkan penonton untuk hadir di Stadion, meski saat ini masih dalam jumlah yang dibatasi.

Sedangkan UEFA coba untuk membuka gerbang stadion pertandingan Piala Super Eropa antara Bayern Munchen melawan Sevilla. Dalam pertandingan tersebut, ada sejumlah penonton yang hadir dengan tetap menjaga jarak sebagai aturan protokol kesehatan.

Nah, sekarang UEFA berniat untuk menerapkan hal yang sama di ajang Liga Champions Eropa.

Namun perlu diketahui bahwa ini tidak berlaku buat semua tim. Semuanya bergantung kepada kebijakan masing-masing negara. Jika diizinkan, maka jumlah penonton juga tidak boleh lebih dari 30 persen kapasitas maksimal tribun stadion tersebut.

Tak hanya itu, suporter tim tamu juga belum diizinkan untuk turut hadir dalam stadion.

Dalam pernyataan resminya, UEFA mengatakan bahwa para penonton yang diizinkan datang ke pertandingan juga harus tetap menggunakan masker, dan aturan lain sesuai kebijakan daerah setempat.

“Pertandingan UEFA tidak dapat dimainkan dengan penonton di mana otoritas lokal tidak mengizinkan dan batas 30 persen hanya dapat dicapai jika batasan yang ditetapkan oleh otoritas lokal lebih rendah,”

“Social distancing akan menjadi kewajiban bagi penonton dan tindakan pencegahan tambahan, seperti pemakaian masker harus diterapkan sesuai dengan peraturan setempat.” tulis pernyataan UEFA di situs resminya.

Related Articles

Add Comment