Lawan Dortmund Jadi Laga ke-700 Messi di Barcelona

Category: Berita Bola 2 0

Barcelona akan berhadapan dengan Borussia Dortmund pada matchdays ke-5 fase Group Liga Champions Eropa, Kamis dinihari WIB mendatang (28/11). Pertandingan yang berlangsung di Camp Nou tersebut secara otomatis akan jadi saksi penampilan ke-700 bagi Lionel Messi di sepanjang karirnya membela Barcelona sejauh ini.


Sebagai informasi, fakta tersebut menjadikan Lionel Messi sebagai pemain kedua dalam sejarah yang bisa mengukir 700 penampilan bersama Barcelona. Sebelumnya ada Xavi Hernandez, yang melangkah sampai 767 penampilan sebelum meninggalkan klub pada tahun 2015.

Adapun Lionel Messi, kini berusia 32 tahun, punya kesempatan melampaui rekor tersebut, karena yang bersangkutan masih terikat kontrak hingga tahun 2021 di Barcelona. Bahkan, kabarnya pihak Raksasa Catalan tengah mempersiapkan kontrak anyar kepada mega bintang Argentina tersebut.

Messi sendiri mengukir debutnya bersama Barcelona pada musim 2004/05 silam, artinya ini adalah musim ke-16 bagi La Pulga bersama raksasa Catalan. Rata-rata Messi menempuh 44 pertandingan semusim dan 38 gol semusim. Kapten Argentina ini sudah mengoleksi 34 trofi, termasuk diantaranya 10 trofi La Liga Spanyol dan 4 Titel Liga Champions Eropa.

Bisa dikatakan, puncak karir Messi adalah saat era Pep Guardiola dimulai, dia berperan besar atas kesuksesan Barcelona mengukir Sextuples, enam gelar dalam semusim. Juga di tahun 2015, di era Luis Enrique yang berakhir dengan raihan treble winner. Soal torehan gol, musim terbaiknya adalah musim 2011/12, dimana dia mencetak 73 gol di semua ajang.

Pada 699 pertandingan yang telah dilalui Messi sebagai pemain Barca, rasanya mustahil memilah momen-momen terbaiknya. Ada terlalu banyak, entah saat mengenakan nomor punggung 30, 19, atau 10 yang begitu populer. Selain Prestasi sebagai tim, Messi juga sudah mengukir prestasi individu, seperti torehan rekor-rekor fantastis, sampai 5 Trofi Ballon d’Or.

Di usia yang ke-32 tahun, Lionel Messi masih produktif, termasuk di awal musim ini, kendati performanya sempat terganggu cedera. Karena itu, Messi jelas akan bermain ketika Barca menjamu Dortmund nanti, 700 pertandingan sudah pasti dia kantongi. Tinggal 67 pertandingan lagi untuk menyamai rekor milik Xavi.

Related Articles

Add Comment