Menurut eks Chelsea ini, Harusnya Mane Raih Ballon d’Or 2019

Category: Berita Bola 2 0

Kemenangan Messi pada ajang Ballon d’Or tahun ini rupanya mendapat protes dari sejumlah pihak. Setelah sebelumnya datang dari manajer Juventus, Mauruzio Sarri, kini giliran eks Chelsea, Demba Ba. Menurutnya, ada pemain yang lebih berhak mendapatkan Ballon d’Or tahun kemarin ketimbang Messi, dia adalah Sadio Mane.

Sadio Mane memang tampil cemerlang sepanjang tahun 2019 kemarin, dia membantu Liverpool memenangkan gelar Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa dan Piala Dunia antarklub, serta finish di posisi ke-2 pada klasemen akhir Premier League. Tak hanya itu, di panggung Internasional, Mane mengantarkan Timnas Senegal melaju ke final Piala Afrika.

Dengan sederet prestasi tersebut, bahkan Sadio Mane tidak bisa menembus tiga besar kandidat Utama trofi tahunan ini. Kegagalan Mane ini seakan-akan mengamini rumor bahwa pemain Afrika selalu sulit meraih Ballon d’Or. Padahal, Messi sendiri hanya memenangkan gelar La Liga Spanyol saja bersama dengan Barcelona.

Bahkan, karena kegagalan Sadio Mane ini, Demba Ba yakin, andai Mane mencetak gol yang sama banyak dengan Messi, pemain Argentina itu akan tetap meraih penghargaan tersebut.

“Sekarang kita lebih sering bicara soal statistik. Saya yakin bahwa dia memiliki statistik individual dan kolektif yang cukup untuk menjuarai Ballon d’Or. Saya selalu berkata, bahwa jika Anda menukar statistik Mane dengan Messi di tahun 2019, Messi bakal tetap menang meski dengan jumlah gol yang lebih sedikit.” ungkap Ba kepada The Independent.

Lebih lanjut, sosok yang juga pernah membela Newcastle United ini berharap agar kedepannya, pemenang Ballon d’Or bisa diukur dari performa secara keseluruhan musim sebagai tim, bukan individu.

“Kita semua tahu bahwa Mane telah memenangkan Liga Champions, Piala Super, dia melewati musim yang luar biasa dan menjadi salah satu top scorer Premier League, itu gila! Tidak hanya itu, dia juga selalu jadi penentu pada banyak pertandingan. Saya percaya harusnya dia yang memenangkan Ballon d’Or.”

“saya sempat membicarakan ini dengan beberapa pemain. Mereka berkata: ‘Ya, tapi Messi pemain yang lebih baik’. Tentu saja, semua orang tahu itu! Tapi yang seharusnya dinilai adalah musim yang lebih baik,” tutupnya.

Related Articles

Add Comment