Meski Liverpool Menang, Klopp Tetap Kritik VAR

Category: Berita Bola 2 0

Liverpool memang berhasil kembali meraih kemenangan dalam lanjutan Premier League akhir pekan kemarin. Namun, pelatih Jurgen Klopp tampak tetap tidak puas dengan kinerja VAR dalam laga kemarin.

Pasukan Jurgen Klopp menjamu Bournemouth pada matchdays ke-29 Premier League akhir pekan kemarin, Sabtu (07/03). Dalam pertandingan tersebut, Tim Marseyside berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Tentu saja kemenangan ini sangat berharga bagi The Reds, pasalnya sebelum ini mereka telan dua kekalahan beruntun.

Kemenangan ini juga membawa Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen sementara, kini unggul 25 poin atas Manchester City. Namun tetap saja, pelatih Jurgen Klopp tak bisa terima dengan kinerja VAR dalam laga tersebut.

Dalam proses terjadinya gol pertama oleh tim tamu, VAR jelas memperlihatkan bahwa Joe Gomez didorong oleh pemain lawan sebelum gol terjadi. Sempat ada analisa dari VAR, namun gol tim tamu tetap disahkan.

Untung saja, pada akhirnya Liverpool tetap berhasil mengantongi tiga poin dari laga ini setelah Sadio Mane dan Mohamed Salah mencetak masing-masing satu gol balasan.

Meski demikian, berbicara selepas pertandingan, pelatih Jurgen Klopp tampak tetap tidak puas dengan kinerja VAR.

“Sejujurnya, itu sudah terjadi. Saya tidak ingin bicara tentang gol itu saat ini, tapi pada momen tersebut, saya benar-benar tidak paham mengapa gol itu disahkan. Situasi-situasi ini, kami sudah pernah membahasnya, tapi kami harus membuat keputusan yang tepat. Ini membuktikan bahwa masalah VAR masih ada.”

“Bukan VAR yang salah, itu hanya sistem, yang salah adalah manusia di baliknya dan peraturan yang ada. Itu jelas-jelas pelanggaran, sentuhan itu sudah cukup membuat Joe kesulitan.” Kata Klopp kepada Sky Sports.

Memang seharusnya proses VAR sendiri sesederhana itu, jika memang terbukti pelanggaran maka gol dianulir. Tak heran jika sejak diterapkan, VAR memang mengundang kontroversi.

Banyak pelatih sepakbola yang melihat bahwa VAR sejauh ini tidak efektif bekerja sebagai assisten wasit. Bahkan, tidak sedikit yang menyarankan agar VAR dihapuskan dari sepakbola lantaran terlalu banyak mengundang kontroversi ketimbang keuntungan.

Related Articles

Add Comment