Soal Isu Pemecatan, Begini Jawaban Pelatih Barcelona

Category: Berita Bola 2 0

Barcelona memang masih memuncakki klasemen La Liga Spanyol, mereka juga sukses melangkah ke babak 16 besar Liga Champions Eropa. Tapi, performa tak konsisten yang ditunjukkan Messi dkk membuat pelatih Ernesto Valverde diklaim berada di ujung tanduk. Kabar inipun semakin mencuat menyusul kegagalan Blaugrana melangkah ke final Piala Super Spanyol.

Barcelona menghadapi Atletico Madrid pada babak semifinal Piala Super Spanyol, Jum’at dinihari WIB tadi (10/01). Dalam pertandingan tersebut, secara mengejutkan raksasa Catalan takluk dengan skor akhir 2-3. Terlepas dari dua gol yang dianulir wasit, faktanya Barcelona tetap takluk dan mereka gagal meraih gelar juara pertama di tahun 2020 ini.

Kegagalan ini tak pelak membuat pelatih Ernesto Valverde kian tersudut dengan isu pemecatan. Suara-suara sumbang yang memintanya untuk mundur, dan mendesak Barcelona memecatnya, terdengar kian kencang. Padahal, Barcelona arahannya masih memuncakki klasemen sementara La Liga Spanyol dan juga melaju ke babak 16 besar Liga Champions Eropa.

Akan tetapi, memang harus diakui bahwa Barcelona menunjukkan performa yang tak konsisten di paruh pertama musim ini. Mereka beberapa kali kalah atau tertahan imbang pada pertandingan yang harusnya bisa menangkan, termasuk saat bertandang ke markas Espanyol akhir pekan kemarin.

Akan tetapi, spekulasi demi spekulasi tersebut tak lantas membuat mantan pelatih Athletic Bilbao ini merasa panik. Malahan, ia menganggap desakan-desakan pemecatan itu sebagai hal yang normal terjadi di dalam dunia sepak bola.

“Pelatih selalu bergerak dengan pemikiran bekerja keras dan memberikan segalanya di setiap pertandingan. Kami tahu seperti apa sepak bola, bahwa instabilitas permanen itu selalu ada. Saat hasilnya buruk atau kalah, seperti yang terjadi pada malam ini, saya rasa kami akan berbicara soal ini dan hal-hal semacamnya. Ini tak terhindarkan, namun saya akan tetap menunaikan tugas saya,” ujar Valverde dikutip dari Goal International.

Barcelona bagaimanapun harus melupakan kekalahan ini, mereka harus mengalihkan fokus ke kompetisi lain yang tak kalah penting. Di La Liga sendiri, Messi dkk masih memimpin klasemen sementara, tapi jumlah poin mereka sama dengan jumlah poin Real Madrid selaku runner up.

Related Articles

Add Comment