Hanya Honda Yang Bisa Akhiri Dominasi Marc Marquez

Category: serba serbi 2 0

Lima Kali juara Dunia, Jorge Lorenzo mengakui bahwa saat ini belum ada Rider yang bisa menyaingi Marc Marquez. Bahkan, menurutnya dominasi mantan rekannya tersebut hanya bisa dipatahkan oleh Honda sendiri.

Marc Marquez, 27 tahun memang telah mendominasi MotoGP dalam tujuh tahun terakhir. Dari tujuh seri tersebut, Pebalap Tim Repsol Honda ini berhasil menjadi Juara dunia sebanyak 6 kali, artinya hanya satu kali gagal.

Ajaibnya, pebalap asal Spanyol tersebut sudah memulai dominasinya di MotoGP sejak debut di kelas tertinggi ini pada tahun 2013 silam. Tak heran jika hal tersebut membuat banyak pihak merasa terkagum, termasuk Jorge Lorenzo.

Mantan pebalap Repsol Honda yang kini bekerja sebagai Test Rider Yamaha inipun mengakui bahwa musim ini, Marc Marquez masih jadi kandidat juara.

“Jelas Marc merupakan favorit juara. Ia selalu dominan sejak 2013, kecuali saat saya juara. Dominasinya telah mengatakan segalanya.”

“Ia datang ke MotoGP dan juara pada musim debutnya, dan setelahnya ia mengulang prestasi itu nyaris setiap tahun. Ia adalah Toni Bou (27 kali juara dunia Trial) versi MotoGP,” ujar Lorenzo.

Tak hanya itu, Lorenzo bahkan menilai bahwa saat ini tidak ada rider lain yang bisa menyaingin Marc Marquez di atas lintasan.

“Saat ini Marc di atas rider lainnya, dan sangat sulit untuk mengalahkannya. Tapi situasi bisa berubah. Berkebalikan dengan trial, motor sangatlah penting di MotoGP. Banyak hal yang memengaruhi: mesin, sasis, elektronik. Motor benar-benar penting,” lanjutnya.

Dengan kata lain, hanya kesalahan dari Honda saja yang bisa mengakhiri dominasi dari pebalap asal Spanyol ini.

“Jadi, jika Marc mengalami sedikit masalah pada motornya atau Honda tak cukup kompetitif, ia bisa jadi kesulitan”.

Tapi Rider lain masih memiliki harapan untuk mematahkan dominasi tersebut, seperti dua rider Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang tampak semakin kuat.

“contohnya saat menghadapi Yamaha dan Fabio Quartararo, yang sekarang sangat kuat dan cepat. Saya rasa Maverick Vinales juga saat ini punya mentalitas yang lebih kuat,” tutupnya.

Related Articles

Add Comment