Marc Marquez Dinilai Sudah Ubah Standar Latihan MotoGP

Category: serba serbi 2 0

Keberhasilan Marc Marquez menjadi juara dunia di delapan edisi membuat Fabio Quartararo menganggap bahwa para rider MotoGP harus meningkatkan kualitas mereka. Dengan kata lain, Rider asal Spanyol telah mengubah standarisasi latihan.

Sejak debutnya di tahun 2013 silam, Marc Marquez memang langsung berhasil mendominasi MotoGP. Bagaimana tidak? Rider Repsol Honda tersebut sudah memenangi enam dari tujuh musim yang telah berlangsung sejauh ini.

Tentu saja, dengan catatan yang gemilang tersebut artinya para Rider lain harus berjuang keras untuk bisa bersaing dan memutus dominasi Marc Marquez.

Dengan begitu, cara berlatih rider asal Spanyol kini jadi tren di kalangan rider MotoGP lainnya. Salah satu latihan yang menurut Marquez amat krusial adalah naik motocross di lintasan dirt track. Metode latihan tersebut dianggap penting untuk meningkatkan reaksi serta konsentrasi saat balapan.

Di Samping itu, Rider asal Spanyol juga dipercaya secara rutin pergi ke gym untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, sehingga dia akan tetap seimbang di atas tunggangan dan berbagai posisi. Meski demikian, dia tetap menghindari latihan berat agar bobot ototnya tidak terlalu besar.

Menurut Fabio Quartararo, Marc Marquez sejatinya sudah bekerja sangat keras untuk mencapai konsistensi seperti sekarang ini. Diapun menilai pebalap berusia 27 tahun tersebut benar-benar sudah mengubah standarisasi latihan MotoGP.

“Level tuntutan di latihan yang ada saat ini di kejuaraan dunia ditetapkan oleh Marc, dia menaikkan standarnya. Baik di Moto3, Moto2, dan tentunya di MotoGP. Sebelum Marquez debut di 2013, tidak ada yang berlatih sekeras sekarang,”

“Marc memenangi 10 balapan pertama di musim 2014 dan kami melihat bagaimana dia terus berlatih hingga mau mati. Lalu semua orang berubah. Saya melihatnya ketika saya di Moto3 dan itu semakin memotivasi saya.”

“Saya memulai latihan di dirt track dua tahun lalu karena Marc saat itu melakukannya. Dan itu adalah salah satu latihan terbaik yang ada,” kata pebalap Petronas Yamaha SRT ini kepada Autosport.

Sayangnya, aksi Marc Marquez dan Fabio Quartararo musim ini tertunda karena pandemi Virus Corona.

Related Articles

Add Comment