Marc Marquez Dukung Keputusan Honda Pindahkan Alex ke LCR

Category: serba serbi 3 0

Pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez mendukung keputusan pabrikan sayap tunggal yang memindahkan adiknya, Alex Marquez ke tim Satelit, LCR Honda musim depan.

Setelah Jorge Lorenzo secara mengejutkan memutuskan gantung helm pada akhir tahun kemarin, Honda Racing Club lantas buru-buru menunjuk rider yang mereka anggap pantas menjadi tandem Marc Marquez di Tim Repsol Honda musim 2020 ini.

Alhasil, ditunjuklah Alex Marquez, juara Moto3 2014 dan Juara Moto2 2019, yang juga merupakan adik kandung dari Marc Marquez. Menariknya, belum sempat Alex memulai debutnya di MotoGP, Honda justru merekrut rider lain, Pol Espargaro untuk jadi tandem Marc Marquez musim depan.

Namun, bisa dikatakan HRC tidak lepas tangan begitu saja terhadap Alex, mereka memindahkan pebalap berusia 24 tahun tersebut ke Tim Satelit, yakni LCR Honda untuk dua tahun ke depan.

Sempat muncul asumsi bahwa Marc Marquez akan merasa geram dengan perlakuan Honda terhadap adik kandungnya. Namun saat berbicara kepada Marca, juara dunia delapan kali ini justru mendukung keputusan tersebut.

“Mereka yakin yang terbaik adalah Pol jadi tandem saya dan Alex dipindah ke LCR dengan dukungan pabrikan. Pol punya pengalaman lebih banyak di MotoGP, dan saya rasa Honda melakukan langkah positif pada Alex,” ujar Marc.

Memang, ada cukup banyak pihak bahwa keputusan ini sama saja tidak menghormat seorang Alex Marquez, karena dimana-mana pebalap debutan lebih dulu tampil untuk tim Satelit. Ada banyak contoh dalam kasus ini, sebut saja Fabio Quartararo, Casey Stoner dan lainnya.

Marc Marquez sendiri mengakui hal tersebut, namun dia tidak mempermasalahkan perlakuan Honda, karena setaunya pabrikan asal Jepang tetap memberikan dukungan kepada sang adik.

“Memang tak wajar jika langsung membela tim pabrikan. Memang ada kasus seperti saya, tapi memang logisnya lebih baik membela tim satelit lebih dulu, seperti Franco, Fabio, atau Casey,”

“Toh Alex akan dapat dukungan pabrikan, dan saya bahagia untuknya. Perpindahan ini positif untuk Alex. Ia akan dapat kesempatan sendiri untuk mencapai level yang baik di MotoGP,” ungkap pebalap berusia 27 tahun ini.

Related Articles

Add Comment