MotoGP di Jepang Resmi Dibatalkan, Ini Jadwal Terbarunya

Category: serba serbi 2 0

Seri MotoGP di Sirkuit Montegi, Jepang dipastikan batal terlaksana karena Pandemi Covid-19 yang masih jadi ancaman. Pengumuman dibatalkannya seri Montegi ini hanya selang beberapa hari setelah Seri Inggris dan Australia juga dipastikan batal.

Pada rencana awalnya, Balapan di Sirkuit Montegi harusnya berlangsung pada tanggal 18 Oktoober 2020 mendatang. Atau tepatnya setelah GP Seri Thailand (4 oktober) dan sebelum GP Malaysia pada tanggal 1 November 2020.

Tentu saja keputusan pembatalan tersebut sepenuhnya ada di tangan pihak Pemerintah Jepang, dimana kemungkinan besar mereka merasa khawatir dengan keselamatan para rider atau orang-orang yang terlibat selama balapan berlangsung.

Yang jelas jika ditotal sampai saat ini ada empat seri MotoGP musim 2020 yang telah dibatalkan, antara lain Seri Qatar, Inggris, Australia dan terakhir jepang. Sedangkan 4 Seri MotoGP lainnya masih ditunda sementara waktu.

Penundaan ini belum diketahui akan berakhir sampai kapan, yang jelas pihak Dorna Sports tengah menggodok kemungkinan untuk menggelar MotoGP lagi tanpa kehadiran penonton. Selain itu, akan ada sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Jumlah personil di Paddock juga akan dikurangi, untuk meminimalisir jumlah orang yang terlibat selama proses balapan berlangsung. Bahkan, kebijakan tersebut membuat Jorge Lorenzo dan lainnya batal tampil sebagai rider wildcard musim ini.

Untuk sementara waktu, Berikut jadwal MotoGP 2020 setelah pembatalan Sirkuit Montegi, Jepang.

9 Agustus – Republik Ceko
16 Agustus – Austria
13 September – San Marino
27 September – Aragon
4 Oktober – Thailand
1 November – Malaysia
15 November – Amerika Serikat
22 November – Argentina
29 November – Valencia

Sedangkan berikut adalah seri MotoGP 2020 yang sementara waktu ditunda.

– Spanyol (Jerez), batal digelar pada 3 Mei
– Prancis, batal digelar pada 17 Mei
– Italia, batal digelar pada 31 Mei
– Catalunya, batal digelar pada 7 Juni

Para pebalap MotoGP sendiri saat ini masing-masing sedang menjalani karantina mandiri di kediaman mereka. Di tengah waktu luang, para rider tetap bersaing di Dunia MotoGP Virtual atau Game.

Related Articles

Add Comment