Termasuk Quartararo, Ada 2 Rider Yang Langgar Aturan Latihan

Category: serba serbi 1 0

Pihak Panel MotoGP, FIM Stewards bakal melangsungkan investigasi tentang adanya kemungkinan pelanggaran yang dilakukan beberapa rider dalam sesi latihan. Memang tidak ada rilis nama yang diungkap ke publik, tapi diyakin Fabio Quartararo salah satunya.

Diduga setidaknya ada dua rider yang sudah melakukan latihan dengan menunggangi motor berkomponen terlalu mirip dengan motor yang mereka gunakan di ajang MotoGP. Dengan kata lain, latihan yang dilakukan kedua rider tersebut mengarah ke ilegal.

Kamis kemarin (02/07), GPOne melaporkan juga bahwa ada dua pebalap dari Moto2, Moto3 dan MotoGP yang diduga telah melanggar aturan tersebut. Kemudian, Motorsport.com menuding bahwa salah satu diantaranya adalah pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Menurut FIM, kedua ini diduga melanggar keputusan Grand Prix Commission (GPC) pada 27 Mei 2020, yang menyatakan peserta Moto3 dan Moto2 dilarang menggelar uji coba tertutup dengan motor Grand Prix di sisa musim 2020 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Aturan tersebut sebenarnya juga berlaku pada level MotoGP, tapi dikecualikan untuk rider yang bernaung dibawah pabrikan yang berkonsesi seperti KTM dan Aprilia.

Restriksi latihan dan uji coba untuk semua kelas Grand Prix juga telah dijelaskan pada Pasal 1.15.1 pada FIM Grand Prix Regulations, termasuk detail mesin yang boleh dipakai pebalap untuk berlatih dan familiarisasi trek.

Menurut informasinya, sidang akan diberlakukan kepada para rider yang melanggar aturan tersebut pada balapan Gran Premio Red Bull de Ispana, Sirkuit Jerez Spanyol 17 Juli mendatang.

Sebenarnya tiga rider Yamaha yang lain seperti Franco Morbidelli, Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga menggunakan tunggangan yang sama pada latihan di Jerez, Misan dan Mugello.

Akan tetapi, motor yang digunakan Quartararo dicurigai menggunakan komponen motor yang dilarang oleh Regulasi FIM untuk sesi latihan.

Seperti dilansir Motorsport.com, hal ini dilaporkan oleh salah satu tim rival yang tak disebutkan namanya. Kabarnya juga Fabio Quartararo akan tetap menghadiri persidangan di Sirkuit Jerez, Spanyol mendatang.

Namun masih dari laporan yang sama, pebalap asal Prancis itu dipercaya tidak akan menerima sanksi yang berat dari pelanggaran ini.

Related Articles

Add Comment